Penggunaan Formula Pada Microsoft Excel

Penggunaan Formula Pada Ms.Excel

Setelah dipostingan sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian & fungsi menurut Microsoft Excel, sekarang saya akan membahas mengenai penggunaan formula dalam microsoft excel. Langsung saja kita menuju pembahasannya.

Microsoft excel mempunyai banyak fungsi antara lain; fungsi statistik, fungsi financial, fungsi akal, fungsi database, fungsi matematika

Contohnya: =SUM(5;6;7)

=SUM(C1;C3;C4)

Postingan yang akan saya bahas kali ini adalah postingan mengenai fungsi statistika/hitungan matematika dan fungsi logika.

A. Fungsi Hitungan Matematika.

Pada pelajaran matematika, kita mengenal berbagai macam operator yang digunakan untuk menghitung. Dalam berbagai fungsi microsoft excel telah menggunakan operator matematika, berikut ini operator matematika yang sering digunakan;

+ ; digunakan untuk operasi pertambahan.

- ; digunakan untuk operasi pengurangan.

* ; digunakan untuk operasi perkalian.

/ ; digunakan untuk operasi pembagian.

( ) ; digunakan operasi yang diutamakan terlebih dahulu.

^ ; digunakan untuk operasi pangkat.

Contoh dari kelima operator diatas adalah sebagai berikut;

Pertambahan:

Pengurangan:

Perkalian:

Pembagian:

Tanda kurung:

Pangkat

Selain operator matematika seperti contoh diatas, terdapat pula fungsi matematika yang lain yang sering digunakan dalam microsoft excel. Berikut ini fungsi-fungsi tersebut;

ABS ; menghasilkan nilai absolut

INT ; membulatkan nilai ke bilangan yang terdekat.

Round; membulatkan nilai ke bilangan desimal yang ditentukan.

Even; membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat ke atas.

Roundown; membulatkan suatu bilangan ke bawah.

Roundup; membulatkan suatu bilangan ke atas.

Sqrt; menghasilkan akar kuadrat.

Counta; menghitung sel tak kosong pada satu range.

Countif; menghitung jumlah data dalam satu range menurut kriteria.

Rank; mengurutkan posisi tingkatan dalam suatu bilangan.

Mod; menghasilkan sisa pembagian

Power; digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan.

B. Fungsi Statistik

Suatu data dalam microsoft excel dapat diolah dengan fungsi tertentu, salah satunya adalah fungsi statistik. Fungsi statistik yang sering digunakan untuk mengolah data  dalam microsoft excel adalah SUM, MIN, MAX, AVERAGE, COUNT NUMBERS. Kelima fungsi ini biasa disebut dengan Autosum dan berada dalam kategori Math & Trig dan Statistical. Berikut ini adalah kegunaan serta contoh dari fungsi statistik.

Fungsi SUM ; menjumlahkan data dalam satu range.

Fungsi MAX ; mencari atau menghasilkan nilai terbesar dalam satu range.

Fungsi MIN ; mencari atau menghasilkan nilai terkecil dalam satu range.

Fungsi AVERAGE ; menghitung nilai rata-rata dalam satu range.

Fungsi Count Numbers ; menghitung jumlah data dalam satu range.

Di bawah ini adalah contoh dari kelima fungsi tersebut

SUM

MAX

MIN

AVERAGE

COUNT NUMBERS

C. Fungsi Logika

Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua buah nilai, nilai benar (true) dan nilai salah (false). Dibawah ini adalah fungsi logika yang sering digunakan dalam microsoft excel.

1. Fungsi IF

Fungsi IF tersarang 2 perintah

Rumus=IF(Ekspresi logika, perintah 1, perintah 2)

Benar                 True           False

Salah                  False          True

Fungsi IF tersarang 4 perintah atau lebih

Rumus=IF(Ekslog 1, perintah 1, IF(Ekslog 2, perintah 2, IF(Ekslog3, perintah 3, perintah 4)))

Atau

Rumus=IF(Ekslog 1, perintah 1, IF(Ekslog 2, perintah 2, IF(Ekslog 3, perintah 3, IF(Ekslog 4, perintah 4))))

2. Fungsi And

Fungsi IF dan And

Rumus=IF(And(Ekslog 1, Ekslog 2), perintah 1, perintah 2)

Benar      Benar        True           False

Benar      Salah         False          True

Salah       Salah         False          True

3. Fungsi OR

Fungsi IF dan OR

Rumus=IF(OR(Ekslog 1, Ekslog 2), perintah 1, perintah 2)

Benar      Benar        True           False

Benar      Salah         True           False

Salah       Salah         False          True

4. Fungsi NOT

Fungsi IF dan NOT

Rumus=IF(NOT(Ekslog), perintah 1, perintah 2)

Benar     False          True

Salah      True           False

Untuk saat ini itulah yang dapat saya jelaskan mengenai penggunaan formula pada microsoft excel. Untuk fungsi yang belum dapat saya jelaskan dan berikan contoh disini, akan saya jelaskan di postingan saya yang selanjutnya.

Komentar

Postingan Populer