Mengenal Lingkungan Borland C++ Builder 6

Borland C Builder 6 merupakan sebuah perangkat lunak berbasis C yg dipakai buat melakukan pembuatan aplikasi berbasis Console Application atau GUI (Grafic User Interface).

Borland C Builder 6 merupakan suatu indera pengembang pelaksanaan berbasis Microsoft Windows yg menerapkan konsep visualisasi. Dengan adanya dukungan berdasarkan visualisai ini maka menjadi gampang buat dipakai pada pembuatan aplikasi berbasis CUI (Console User Interface) dan GUI (Grafic User Interface).

Nah dibawah ini beberapa komponen yang ada pada Borland C Buileder ini.

1. Menu & Tool Palette

Pada barisan hidangan yang terdiri berdasarkan Fle, Edit, Search,

Pada bagian tool palette berfungsi untuk menyimpan komponen-komponen  visual yang nanti akan digunakan dalam pembuatan aplikasi

2. Form Designer

Form designer adalah bagian yang digunakan untuk pembuatan form dalam pemograman berbasis GUI yang kemudian akan ditampilkan didalam aplikasi.

3. Object Treeview

Pada bagian object treeview ini menunjukkan beberapa komponen yang terdapat didalam Form. Bagian ini akan menyesuaikan jika mengubah ke form yang lain.

4. Object Inspector

Bagian ini digunakan untuk mengatur dan melakukan pengesetan terhadap property dan event suatu objek dari C++

5. Code Editor

Code Editor adalah bagian yang berfungsi untuk menyunting atau menuliskan kode-kode program yang akan digunakan sebagai pengontrol aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Borland C++.

Sumber: Modul Pak Dede Kurniadi M.Kom Revisi Ketiga.

Komentar

Postingan Populer